~Toko Bunga Papan Ucapan Jabodetabek dan Pulau Jawa Mulai Rp. 500 Ribu-an!~

Open Order 24 Jam Kirim Bunga Ucapan ke Seluruh Indonesia!!

Toko Bunga Papan

Media Tanam Kualitas Terbaik

  Media Tanam By Rancho Florist


Media tanam atau media tumbuh yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman hias dalam pot merupakan topik yang kali ini disampaikan untuk para hobiis pemula ini. Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang memiliki fungsi memperindah dan mempercantik lingkungan baik itu dalam ruangan maupun luar ruangan. Tanaman hias untuk tujuan ini dapat ditanam dalam pot atau wadah ataupun ditanam di tanah (lapang) sebagai komponen taman permanen.





Agar supaya atau salah satu syarat agar tanaman hias yang ditanam dalam pot dapat tumbuh dengan baik tentunya jika ditanam atau ditumbuhkan pada media yang tepat. Menyediakan media yang tepat ditujukan agar tanaman hias yang ditanam dalam pot mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga keindahannya yang diharapkan akan dapat tercapai.


Pada kesempatan ini penulis akan memberikan penjelasan berapa hal terkait media tanam bagi tanaman hias yang ditumbuh-kembangkan dalam pot.


Jenis Media Tanam


Media Tanah. Media tanam atau media tumbuh yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman hias yang pertama adalah media tanah, yang merupakan media yang baik bagi pertumbuhan tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dalam media tanah yang subur dan gembur. Hampir sebagian besar tanaman hias dapat tumbuh pada media tanah ini.


Media tanah merupakan media yang paling ideal sehubungan dengan kemampuannya menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman hias. Jika diikuti dengan pemupukan dan pemeliharaan yang sesuai dan tepat maka tanaman hias akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak cocok tumbuh dengan baik pada media tanah.


Media Akar Pakis. Akar pakis juga merupakan media yang dapat digunakan sebagai media tanam bagi sebagian tanaman hias. Jenis tanaman hias yang sangat cocok ditanam pada media akar pakis adalah jenis-jenis anthurium dan anggrek.


Sayangnya, media ini tidak mampu menyediakan unsur hara secara alami bagi tanaman, namun karena struktur medianya yang porous akan dapat menyimpan air dengan baik dan dapat dengan mudah ditembus akar tanaman hias.


Media akar pakis mudah diperoleh dengan harga yang murah sehingga relatif sangat ekonomis terutama untuk budidaya tanaman hias skala rumahan bagi hobiis pemula.


Media akar pakis jika tidak terlalu hancur, masih dapat digunakan secara berulang. Agar supaya tanaman hias yang ditanam dengan menggunakan media akar pakis tidak terinfeksi pathogen penyakit, sebaiknya media ini disterilkan terlebih dahulu. Caranya, dengan menjemur di terik matahari. Tumpukan media akar pakis ditutup terlebih dahulu dengan plastik, kemudian dibiarkan terkena sinar matahari beberapa hari


Media tanam cocopeat. Atau dikenal sebagai potongan (hancuran kasar) serabut kelapa. Media ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita bahkan seringkali dianggap limbah. Media dari bahan ini sangat mudah lapuk, oleh karena itu kelembaban perlu dijaga. Jangan terlalu basah (lembab). Jika terlalu lembab, maka akan dapat menyebabkan kebusukan pada akar dan juga mengundang berbagai jenis serangan hama dan penyakit pada tanaman hias yang ditumbuhkan padanya.


Serabut kelapa mengandung senyawa tanin yang dapat menjadi racun bagi tanaman. Oleh karena itu, sebelum digunakan harus direndam terlebih dahulu hingga warna air rendamannya berubah menjadi warna bening. Jenis tanaman hias yang biasa ditanam pada media sabut kelapa adalah tanaman hias jenis anggrek.


Media tanam pasir. Bahan media ini dapat dipakai sebagai media tanaman hias sebab media pasir sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan beberapa jenis tanaman hias. Seperti misalnya jenis tanaman hias yang membutuhkan kelembaban rendah, seperti allium atau tanaman hias yang memiliki umbi dan juga jenis kaktus. Hal ini disebabkan karena pasir memiliki tekstur kasar yang tidak mampu memegang air terlalu banyak dan dalam waktu yang lama.

Namun bahan media pasir sangat minim akan ketersediaan unsur haranya bahkan dapat dikatakan miskin unsur hara. Oleh sebab itu, jika pasir tetap akan digunakan sebagai media tumbuh maka tentu harus dilakukan penambahan unsur hara yaitu dengan cara melakukan pemupukan agar tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik dan subur.  

Media tanam arang kayu. Arang kayu merupakan jenis media yang juga dibutuhkan tanaman hias untuk tumbuh dan berkembang. Jenis tanaman yang dapat di tanam pada media ini adalah tanaman anggrek.  Sangat miskin unsur hara. Biasanya digunakan dengan dikombinasikan memakai media lain dan digunakan sebagai bagian dasar media. Arang kayu pada dasarkan lebih bersifat sebagai buffer dan dapat menyeimbangkan kelembaban media dalam pot.  


Media Tanam Campuran


Media Tanam Rancho Florist


Jenis media atau campuran media tumbuh yang dikehendaki tanaman hias berbeda-beda untuk setiap golongan atau jenis tanaman. Sehubungan tanaman hias itu banyak jenisnya, maka jenis-jenis tanaman hias berdasarkan media tumbuhnya dapat dibedakan menjadi tanaman hias yang suka media yang lembab, tanaman hias yang suka media yang kelembabannya sedang, dan tanaman hias yang suka dengan media yang kering. Berdasarkan kebutuhan atau persyaratan kelembaban media tumbuh tersebut, maka penyediaan media tanam tentunya harus disesuaikan dengan jenis tanaman hias tersebut yang mana akan ditanam. Untuk menyediakan media tanaman yang sesuai dengan jenis tanamannya, maka penggunaan media tunggal seperti diuraikan di atas tentu akan tidak mungkin. Oleh karena itu, diperlukan upaya mencampur berbagai bahan media tanam tunggal tersebut sesuai takarannya agar supaya persyaratan kelembabannya tercapai sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam.


Atas dasar kebutuhan lingkungan tumbuh terutama yang menyangkut media tanam, maka bila dikehendaki tanaman hias tumbuh dengan baik, maka pemenuhan terhadap kebutuhannya harus dilaksanakan. Berikut adalah cara-cara menyiapkan media tanam dalam pot untuk masing-masing jenis tanaman hias.



 Media dengan campuran umum. Disukai oleh tanaman hias golongan yang suka keadaan sedang (tidak terlalu kering ataupun basah). Contoh tanaman hias golongan ini meliputi kelompok Philodendron, Aglaonema, Dieffenbachia, Anthurium, dan Palm.


Media campuran ini terdiri atas tanah, pasir, dan bahan organik (kompos atau hancuran serabut kelapa) dengan perbandingan 1:1:1 (v/v). Penambahan sekam padi juga dapat dilakukan dengan perbandingan yang sama.


Media tanam dengan kualitas terbaik by Rancho Florist



Media Tanam Terbaik

Tag : Media Tanam
Iklan 655 x 60
Back To Top